Kamis, 25 Maret 2010

JUDUL PEMASARAN 15

PELAKSANAAN PRODUCT DIVERSIFICATION DAN ADVERTISING GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TEGEL “INDAH CEMERLANG” MALANG

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sebagaimana kita ketahui bahwa persaingan di dunia usaha dewasa ini telah demikian ketatnya. Perkembangan yang demikian ini menciptakan masalah yaitu bagaimana perusahaan dapat memenangkan persaingan tersebut atau paling tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Pada hakikatnya, salah satu dari tujuan perusahaan didirikan adalah untuk menghasilkan laba. Hal ini bisa dicapai dengan cara mengaktifkan dan mengefisienkan kerja perusahaan tetapi pada kenyataannya untuk mencapai tujuan tersebut seringkali perusahan menghadapi masalah-masalah.
Adapun sebab-sebab yang menimbulkan terjadinya masalah tersebut adalah terbatasnya ragam/jenis produk yang diproduksi. Penyebab lain yang menimbulkan suatu masalah adalah terbatasnya media advertising yang digunakan. Kegiatan advertising adalah sangat penting karena tentang kehadiran produk baru kepada konsumen. Sehingga produk yang dihasilkan dapat dikenal konsumen.
Sedangkan penyebab timbulnya masalah yang berasal dari luar perusahaan adalah persaingan yang semakin tajam antara perusahaan sejenis. Dalam memasarkan barang yang mempunyai banyak pesaing, maka perusahaan akan selalu dituntut untuk berusaha sekeras mungkin agar dapat menarik konsumen. Hal ini yang menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin tajam. Sebaiknya di pihak konsumen bebas menentukan pilihan terhadap produk sejenis, maka bagi perusahaan yang ingin mendapatkan pasaran yang baik harus mampu mempertahankan posisi dalam persaingan, bagi perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan persaingan maka sulit untuk mengembangkan usahanya.

B. Permasalahan
1. Masalah Yang Dihadapi Perusahaan
Adapun permasalahan utama adalah terbatasnya ragam/jenis produk yang diproduksi dan terbatasnya media advertising.
2. Perumusan Masalah
Setelah mengetahui masalah, sebab masalah serta akibatnya yang dihadapi oleh perusahaan adalah : “Apakah dengan adanya product diversification dan advertising volume penjualan dapat ditingkatkan pada perusahaan tegal “Indah Cemerlang” Malang.

C. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan product diversification dan advertising yang dilakukan perusahaan.
2. Untuk mengetahui dan menganalisa sejauh mana hubungan dan pengaruh product diversification dan advertising terhadap volume penjualan.

D. Kegunaan Penelitian
1. Bagi peneliti
Sebagai sarana untuk menerapkan teori di bangku kuliah dengan masalah-masalah yang sedang dihadap oleh perusahaan.
2. Bagi peneliti lain
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dibidang yang sama.
3. Bagi perusahaan
Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan pelaksanaan diversification product dan advertising guna mewujudkan tujuan perusahaan yaitu untuk meningkatkan volume penjualan, sehingga laba yang diinginkan dapat tercapai.

DOWNLOAD FILE PDF/DOC BAB SELANJUTNYA DISINI!!