Kamis, 25 Maret 2010

JUDUL PEMASARAN 14

PERANAN PERIKLANAN DAN KEBIJAKAN HARGA DALAM MENINGKATKAN TINGKAT OKUPANSI KAMAR PADA HOTEL MERDEKA KEDIRI



BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini pemerintah sedang giat-giatnya menggalakkan atau meningkatkan pariwisata, karena pariwisata dirasakan akan menjadi kebutuhan yang penting di samping kebutuhan pokok yang lain, sehingga perlu bagi unsur penunjang pariwisata seperti travel biro, hotel dan badan-badan pariwisata daerah untuk meningkatkan kegiatan pemasaran khususnya dalam bidang promosi.

Dengan cepat berkembangnya keadaan perekonomian ini sangat dirasakan bahwa promosi merupakan salah satu bagian dari marketing mix untuk meningkatkan volume penjualan.

Pada penjualan jasa akomodasi yaitu perhotelan, meningkatnya volume penjualan tidak hanya tergantung pada promosi yang dilakukan perusahaan tetapi juga tergantung dari layanan kebijakan harga yang diberikan, misalnya dengan memberikan pelayanan yang memuaskan pada setiap pengunjung sehingga dapat menimbulkan umpan balik bagi perusahaan dan kebijakan harga yang diberikan yaitu berupa potongan harga. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman dan situasi pasar sekarang.

Dengan adanya periklanan dan kebijakan harga perusahaan mengharapkan penjualan akan dapat ditingkatkan. Agar perusahaan dapat menggunakan periklanan dan harga secara efektif, maka sebelum mengadakan kegiatan tersebut hendaknya diadakan suatu perencanaan yang baik dengan memperhatikan segala faktor yang berkaitan dengan periklanan dan kebijakan harga sehingga apa yang dilaksanakan dapat berhasil dengan baik. Tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan maksud dari periklanan yang dapat menarik konsumen yang nantinya membuat minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Ada suatu masalah yang dihadapi oleh Hotel Merdeka Kediri adalah semakin menurunnya volume penjualan kamar, sehingga akan menyulitkan bagi perusahaan. Masalah ini disebabkan oleh adanya pelaksanaan dalam:

1. Kebijakan harga yang kurang tepat

2. Penggunaan periklanan yang terbatas

3. Adanya hotel-hotel baru yang berdiri

Berdasarkan alasan tersebut di atas maka penulis tertarik untuk mengambil judul skrispi tentang: “Peranan Periklanan dan Kebijakan Harga dalam Meningkatkan Tingkat Okupansi Kamar Pada Hotel Merdeka Kediri”.

B. Permasalahan

Pada setiap perusahaan, dalam menjalankan aktivitasnya tidak akan terlepas dari berbagai masalah dan hambatan yang dihadapi. Demikian pula halnya dengan perusahaan Hotel Merdeka Kediri.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulis merumuskan perumusan masalah sebagai berikut:

1. Sejauhmana pengaruh periklanan dan kebijakan harga terhadap tingkat okupansi kamar pada Hotel Merdeka Kediri?

2. Diantara variabel periklanan dan kebijakan harga manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap tingkat okupansi kamar pada Hotel Merdeka Kediri?

3. Bagaimana cara pelaksanaan periklanan yang efektif dan kebijaksanaan harga yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan kamar pada Hotel Merdeka Kediri?”.

C. Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan dan kebijakan harga secara bersama-sama terhadap tingkat okupansi kamar di Hotel Merdeka Kediri.

2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat okupansi kamar di Hotel Merdeka Kediri.

3. Untuk mengetahui cara pelaksanaan periklanan yang efektif dan kebijaksanaan harga yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan kamar pada Hotel Merdeka Kediri.

D. Kegunaan Penelitian

1. Bagi Perusahaan

Sebagai sumbangan pemikiran bagi Hotel Merdeka Kediri dalam memecahkan permasalahan yang terjadi dalam hal pemasaran khususnya periklanan dan kebijakan harga.

2. Bagi Mahasiswa

Untuk menerapkan teori-teori dan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah ke dalam masalah yang sebenarnya terjadi pada suatu perusahaan khususnya mengenai bauran pemasaran yang dilaksanakan pada suatu perusahaan.

3. Bagi Pihak Lain

Bagi pihak lain diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan ilmu ekonomi pada umumnya, dan perhotelan pada khususnya.
 DOWNLOAD FILE PDF/DOC SELANJUTNYA DISINI!