Kamis, 25 Maret 2010

JUDUL PEMASARAN 12

PELAKSANAAN SALES PROMOTION YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME EKSPORT ROTAN PADA PT. “FENDI MUNGIL” GRESIK

A. Latar Belakang Masalah

Dalam masa sekarang ini telah banyak perusahaan yang menghasilkan produk yang beraneka ragam guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang berbeda-beda, serta adanya suatu kenyataan bahwa semakin banyaknya macam barang baik jumlah maupun jenisnya yang ditawarkan pada masyarakat atau konsumen dan semakin sulitnya dalam memberikan penilai atas barang yang ditawarkan tersebut.

Kondisi diatas disebabkan oleh situasi pasar yaitu adanya persaingan antara perusahaan sejenis yang semakin ketat serta adanya keinginan untuk menguasai pasar. Pengetahuan mengenai pemasaran khususnya promosi penjualan sangat penting bagi produsen sebagai salah satu sarana dan kegiatan yang berhubungan dengan pemindahan barang dari produsen ke konsumen. Memuaskan kebutuhan pembeli/konsumen merupakan suatu prasyarat untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan keuntungan dan kelangsungan hidup sektor usaha suatu perusahaan.

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha, maka perusahaan harus menciptakan keunggulan marketing dengan menjajaki apa yang harus di deferensikan agar dapat memenangkan persaingan dan memperbesar kesempatan usaha yaitu apakah diferensiasi dalam bentuk servis, varitas produk, harga, kualitas teknologi dan sebagainya serta pangsa pasar yang akan diliputi.

Menyadari keadaan diatas, maka menerobos pasar di luar negeri menjadi penting guna memanfaatkan peluang pasar untuk menjual barang. Keadaan pasar diluar negeri sangat ditentukan oleh laju pertumbuhan ekonomi negara-negara maju. Dalam memasuki pasar luar negeri ini tidaklah mudah, disamping menemukan peluang untuk memasarkan produk ke negara lain juga ketatnya persaingan dalam memasuki pasar tersebut. Sebagai obyek penelitian PT. Fendi Mungil merupakan suatu perusahaan yang hasil produksinya sebagian besar untuk ekspor. Perusahaan melihat adanya peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memasuki pasaran luar negeri guna meningkatkan volume penjualan perusahaan sekaligus meningkatkan ekspor non migas.

Selama ini upaya yang dilakukan perusahaan untuk memasuki pasar luar negeri dengan mengadakan promosi penjualan dalam bentuk pameran, sponsor, hadiah/souvenir. Dimana dalam kurun waktu terakhir ini perusahaan menghadapi permasalahan pemasaran yaitu menurunnya volume penjualan.

B. Permasalahan

Untuk mencapai tujuan tertentu sering sekali timbul suatu kendala yang menghambat tercapainya tujuan tersebut. Setiap perusahaan tidak terlepas dari suatu masalah sehingga dalam mencapai tujuan yang ditetapkan masih ditemukan suatu hambatan atau rintangan. Hambatan dan rintangan menggerakkan pihak manajemen untuk memecahkan masalah agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sedangkan masalah yang dihadapi PT. Fendi Mungil Gresik adalah kurang efektifnya pelaksanaan sales promotion.

Adapun perumusan masalah yang akan penulis kemukakan adalah “Bagaimana cara melaksanakan sales promotion yang efektif agar dapat meningkatkan eksport rotan pada PT. Fendi Mungil Gresik”.

C. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab permasalahan di bidang pemasaran yang ada dalam perusahaan ini, khususnya mengenai sales promotion sehingga dapat diambil suatu pemecahan masalah.

2. Untuk mengetahui pengaruh dan hubungan mengenai sales promotion yang dilakukan oleh perusahaan ini dalam usaha meningkatkan volume penjualan.

D. Kegunaan Penelitian
1. Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan untuk praktek dunia usaha yang nyata, khususnya managemen pemasaran.
2. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan pertimbangan dalam mengatasi masalah pemasaran yang sedang dihadapi perusahaan.
3. Dapat diperoleh sumber-sumber informasi data yang dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan.




DOWNLOAD PDF/DOC BAB SELANJUTNYA DISINI!!